Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Sistem Informasi Terintegrasi

Kebutuhan informasi dewasa ini semakin meningkat, kemudahan dalam mengakses informasi mutlak diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen yang membutuhkan. Tuntutan pelayanan informasi dan pengelolahan informasi secara terintegrasi menjadi sangat penting di setiap lembaga, termasuk di sekolah.
Pengolahan data secara tradisional menjadi tidak efektif karena semakin banyak data yang harus diolah dan tuntutan dalam kemudahan mengakses suatu data atau informasi yang dibutuhkan.
Pelayanan informasi secara online maupun offline dengan sistem terintegrasi akan meningkatkan kinerja dan dapat meningkatkan pelayanan informasi yang lebih baik di mana informasi dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas ruang dan waktu.
Sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara spesifik untuk bagian- bagian yang ada dalam sekolah, terdiri dari bermacam – macam modul yang disediakan untuk berbagai kebutuhan, dari modul untuk pendaftaran sampai modul untuk proses distribusi dan tentunya pendataan kepegawaian yang sangat berguna bagi sekolah untuk mengintegrasikan dengan Dapodik.
Dilatar belakangi kasus diatas, diperlukan suatu sistem aplikasi yang mendukung kegiatan sekolah mulai dari pendaftaran siswa baru, proses KBM, pendaftaran ulang siswa lama, proses layanan perpustakaan, pendataan guru dan karyawan,rekrutmen guru dan karyawan dan data siswa yang bertujuan untuk mempermudah pengaksesan informasi dan mengefisiensikan waktu.
Pengolahan data dengan database mutlak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan pengolahan data yang lebih baik dan kemudahan pengaksesan data yang lebih cepat. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat menguruangi data rangkap dan memudahkan dalam pencarian data.
Dengan adanya layanan informasi dan pendaftaran secara online ini, kegiatan mengantre dan menunggu giliran saat mendaftar baik siswa baru maupun siswa lama yang menghabiskan banyak waktu dapat dihindari. karena dapat dilakukan dimana saja untuk melakukan akses pendaftaran.Seharusnya pemenuhan terhadap data kepegawaian untuk keperluan Dapodik juga tinggal mengakses pada data yang telah ada.

Share this article now on :

Post a Comment