Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Politik Pengalihan Isu

Peran media massa sangat berpengaruh dalam pembentukan isu dan opini pada masyarakat. Masih hangat dalam ingatan di masa pemerintahan dahulu silih bergantinya isu-isu, untuk menutupi isu yang lain. Seperti isu Palestina dan relawan dan isu calon pimpinan KPK dan Century yang mulai terimbangi dengan isu skandal video porno yang dilakukan oleh oknum yang mirip dengan tiga selebriti terkenal di Indonesia. 
Jelas sekali bahwa isu yang terangkat sekarang menunjukkan kondisi masyarakat yang tidak mulai tidak peduli dengan isu sosial politik, yang notabene berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Ketertarikan yang timbul sekarang adalah berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut ketenaran entertainer. Tidak peduli apakah isu ini berkaitan dengan hajat hidup orang banyak ataukah hanya sebatas masalah pribadi yang dibesar-besarkan menjadi konsumsi publik dan isu sosial. 
Ketidak selektifan kita terkait isu yang sedang berkembang tidak semuanya akan membawa dampak baik bagi kehidupan sosial kita. Hal-hal yang tadinya tabu dan berkaitan dengan pribadi, dengan bertransformasinya masalah ini menjadi isu sosial tentunya akan membawa opini bahwa hal tersebut sudah “biasa” dan tidak tabu lagi.Meskipun tidak serta merta membawa kita ke dalam opini baik-buruk (opini moral). 
Kenyataan ini mengajarkan pada kita bahwa kita harus cermat dalam memilah-milahmana yang harus menjadi fokus perhatian kita bangsa Indonesia. Bahwa seharusnya hal yang lebih penting dan mendesaklah yang harus kita prioritaskan.Semua kembali ke pribadi kita masing-masing.
Sumber :  Kompasiana 
Share this article now on :

Post a Comment