Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Coating Pada Batu Alam




Batu alam biasanya memiliki karakteristik yang berpori yang memberikan potensi besar untuk tumbuh dan berkembangnya lumut dan lain sebagainya. Terlebih jika lingkungan rumah anda lembab dan sering terkena air. Untuk melindungi akan hal tersebut maka di perlukan cat khusus untuk batu alam. proses coating/pelapisan terhadap suatu material yang berfungsi untuk melindungi benda tersebut dari proses karat/lumut. 
Macam-macam Coating: 
1.NATURAL 
Coating natural dikhususkan untuk jenis batu berwarna putih, cream atau motif serat contoh batu paras jogja atau palimanan dikarenakan jenis coating tersebut berjenis natural maka tidak menimbulkan perubahan jenis warna pada warna batu tersebut tetapi dapat melapisi dari serangan lumut , debu, air dan kotoran jenis lain nya sehingga mudah dibersihkan, jadi hasilnya tetap natural seperti warna batu aslinya. 
2.CANDI (HITAM) 
Jenis coating ini tentu di khusus kan untuk jenis batu candi yang cenderung berwarna hitam dan berpori, kegunaanya adalah meningkatkan warna hitam pada batu candi tanpa mengurangi kesan alami dari batu tersebut. sangat cocok diaplikasikan pada batu candi, tapi saat ini coating batu candi dapat juga di aplikasikan untuk batu andesit agar supaya warna batu andesit jadi lebih hitam pekat, tapi kembali ke selera pemakai untuk kebutuhan warna yang diperlukan.
3.GLOSS
Coating jenis gloss adalah coating yang berjenis bening dan memberi kesan hasil kilap pada permukaan batu alam, coating jenis ini banyak dipergunakan untuk melapisi berbagai jenis batu alam seperti batu andesit, palimanan, fosil,sukabumi, templek dll. dan hampir semua jenis batu alam menggunakan jenis coating ini
4.COATING ANDESIT
Jenis coating ini biasanya di khususkan untuk batu jenis andesit , hasil finishing nya hampir sama dengan coating gloss cuman ada perbedaan dari warna nya yaitu agak gelap atau hitam jadi hasil finishingnya adalah basah mengkilap tapi agak gelap atau jenis warna batu jadi lebih tua dari warna batu aslinya. 
5.DOFF 
Jenis coating ini untuk jenis andesit, warna finishingya yaitu basah tapi tidak mengkilat ,warna yang dihasilkan seperti warna batu aslinya tidak ada perubahan warna yang signifikan memakai jenis coating ini. 

Pelatihan Coating Batu Alam

CARA PEMAKAIAN :
1.Bersihkan batu dari sisa semen, debu, minyak, cat atau kotoran lainya supaya coating dapat meresap dan menempel sempurna pada permukaan batu alam.
2.pastikan cuaca panas atau tidak hujan dan batu kering dari air sisa pembersihan tadi dan harus benar-benar kering.
3.lapiskan/cat kan coating batu alam pada batu memakai kuas atau bisa juga di semprot pakai kompresor untuk hasil yang lebih sempurna.
4.setelah pelapis pertama kering (15-20menit) dapat dilakukan pelapisan berikutnya bila di inginkan, tetapi satu lapis juga sudah bagus ,penggunaan lapisan ke 2 bila menginginkan hasil yang lebih maksimal. pastikan seluruh batu dilapisi dengan merata supaya tidak terlihat belang hasilnya.
5. daya sebar 1kaleng/1liter coting bisa melapisi 5-8 mtr2 tergantung jenis batu dan porositas batu, biasnya untuk batu candi penggunaan lebih boros karena jenis batu tersebut mempunyai pori-pori yang banyak dan lebar.

Share this article now on :

2 comments: