Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Malam Ini (Selasa,8 Agustus 2017) Terjadi Gerhana Bulan

Suber gambar : https://www.brilio.net/
Gerhana baik bulan maupun matahari adalah sebagai sebuah fenomena alamiah yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Pada malam ini tepatnya telah masuk pada hari Selasa, 8 Agustus 2017 terjadi gerhana bulan total.
Proses terjadinya Gerhana bulan apabila bulan sedang berposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5 derajat. Maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut dengan Node yakni titik yang dimana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka seharusnya bila terjadi gerhana bulan akan diikuti dengan gerhana matahri karena kedua node tersebut terletak pada garis yang memhubungkan antara matahari dengan bumi.

 Sebagai seorang Muslim jika terjadi gerhana maka disunahkan untuk melaksanakan sholat sunah yaitu sholat sunah gerhana bulan (Sholat Khusuf).

Ringkasan Tata cara Shalat Gerhana 





Share this article now on :

+ komentar + 1 comment

7 August 2017 at 21:05

Silahkan

Post a Comment